Kriwil Indonesia lahir pada Januari 2017 oleh Gracia Indriani, saya, seorang lulusan jurusan Arsitektur yang saat itu berumur 22 tahun. Semua bermula pada Oktober 2016, ketika saya membuat video YouTube berjudul Cara Mencatok Rambut Keriting. Tanpa disangka, video tersebut menjadi viral karena ditonton sebanyak 1 juta penonton.
Secara konsisten saya pun membuat video cara perawatan rambut keriting guna mengedukasi dan membangun awareness tentang rambut keriting di Indonesia. Mayoritas orang Indonesia memiliki rambut bertekstur keriting dan ikal karena beberapa faktor seperti iklim tropis, genetik, dan sebagainya. Anehnya, walaupun merupakan “kelompok rambut mayoritas”, susah banget menemukan produk dan salon yang memahami tentang rambut keriting.
Hampir semua yang berambut keriting di Indonesia kesulitan mendapatkan produk untuk pemeliharaan rambut keriting. Untuk itu Kriwil Indonesia hadir membantu mereka yang kesulitan merawat rambut keritingnya. Kalaupun mau beli produk, pasti mereka harus merogoh kocek yang gak kecil karena harus membeli dari luar Indonesia.
Baca juga: Strategi Pengembangan Produk ala Taman Hayat
Produk Kriwil yang lahir pada awal tahun 2017 pun berhasil membantu mereka yang tinggal di seluruh penjuru Indonesia untuk merawat rambutnya. Pada November 2018, saya mendirikan salon khusus untuk mereka yang berambut keriting dan ternyata menjadi tempat yang “viral” dan berhasil mengundang mereka yang awalnya takut ke salon, untuk mencintai rambut mereka sendiri. Anehnya, para customer atau yang biasa dipanggil “sahabat Kriwil” lah yang selalu melakukan mouth to mouth marketing.
Saya mencari kesempatan dan peluang karena tingginya permintaan untuk produk dan salon rambut keriting sehingga saya membuka salon khusus pemeliharaan rambut keriting dan memberi edukasi tentang rambut mereka.
Dalam menanggapi PSBB ketat dan pandemi, saya melakukan 2 antisipasi, yaitu:
- Home Service – Kriwil Home Service tersedia di area Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Cibubur, dan Depok; serta
- Private Styling Class – Styling Class menggunakan aplikasi Zoom untuk belajar merawat rambut keriting
Baca juga: Tips Menembus Market Global
Tantangan Pengembangan Produk dan Servis Kriwil Indonesia
Tantangan pengembangan produk dan servis Kriwil Indonesia, antara lain:
- Mempertahankan loyalitas pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. Kami berusaha menjalin hubungan baik dengan pelanggan lama maupun baru merupakan hal yang penting agar mereka merasa nyaman.
- Memperkuat branding Kriwil, dengan tujuan agar lebih melekat dan dikenal oleh pelanggan sehingga memunculkan pelanggan setia. Salah satu cara adalah dengan aktif di media sosial biar hubungan dengan customer berlangsung terus-menerus.
- Meningkatkan “awareness” tentang rambut keriting di Indonesia. “Awareness” terhadap rambut keriting harus selalu ditingkatkan karena kami adalah kaum mayoritas melalui edukasi, tulisan tulisan, dan membentuk komunitas.
- Meningkatkan kesadaran bahwa produk dan servis dari Kriwil Indonesia adalah sebuah “necessity”. Produk dan servis Kriwil merupakan kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau sehingga pemilik rambut keriting bisa merawat rambut keritingnya sehari-hari.
Baca juga: 5 Langkah Bikin Hobi Kamu Jadi Bisnis
Proses Pengembangan Produk dan Servis Kriwil Indonesia
Dalam membuat produk maupun servis yang ada di Kriwil Indonesia, terdapat beberapa proses, di antaranya adalah:
- Gathering Sources and Ideas – Mengumpulkan ide merupakan hal yang penting agar produk dan servis bisa dimaksimalkan potensinya untuk dicoba di pasar.
- Research and Survey – Riset dan survei wajib dilakukan agar tujuan bisnis bisa lebih jelas menuju ke arah mana dan seperti apa produk dan servis yang masyarakat suka.
- Calculating and Budgeting – Mengalkulasikan budget untuk memproduksi barang dan servis juga gak boleh terlupakan. Cost of a good sold perlu dipertimbangkan.
- Trial and Error – Melakukan trial dan error untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebelum dirilis ke pasar.
- Sampling – Mengumpulkan opini dari orang orang terdekat dengan mencoba servis dan produk tersebut.
- Pricing – Penetapan harga adalah tindakan menentukan nilai atau value sebuah produk atau layanan.
- Marketing the Products – Gunakan mouth to mouth marketing dan media sosial untuk memaksimalkan pemasaran produk maupun servis.
Kriwil Salon beserta produk dan servis yang kami miliki berkembang secara alami (organik) tanpa menggunakan metode marketing khusus. Tips penting buat kamu, jangan terlalu lama melakukan proses brainstorming, tapi langsung execute.
Baca juga: Mengelola Bisnis di Masa Pandemi
Pengembangan Produk dan Servis Agar Bisnis Berkembang
Agar produk dan servis bisnis Kriwil terus berkembang, saya melakukan beberapa hal, di antaranya:
- Get Organized – Dengan melakukan 3 hal, yaitu: Good Finance Management, Strengthening Human Resources, dan Customer Satisfaction and Education.
- Keep Expanding – Kami telah memikirkan untuk membuka cabang Kriwil di beberapa tempat, di Jakarta dan kota lainnya.
- Be Creative – Sebagai pebisnis, kita harus aktif di media sosial untuk menjalin hubungan dengan customer maupun mengikat pelanggan baru. Jangan mengangkat topik yang membosankan, tapi juga yang menarik dan sesuatu yang baru.
- Stay Focused – Terkadang para pebisnis suka gak fokus dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya sehingga malah “keteteran”. Dedikasi dibutuhkan untuk membangun yang sustainable.
- Be Consistent – Konsistensi dalam membangun dan mengembangkan bisnis juga merupakan hal yang penting.
- Perseverance – Dalam membangun bisnis, diperlukan ketekunan dan sikap gak gentar dan berani menghadapi kegagalan dan kerugian.
Akhir kata, sebagai pendatang baru dalam bisnis ini, saya mengharapkan berbagai masukan untuk mengembangkan bisnis Kriwil ini lebih besar lagi. Saya pun selalu siap mempelajari hal-hal yang baru bersama dengan sumber daya manusia yang membantu saya. Terima kasih!
Comments ( 0 )