UMKM sering kali menghadapi keterbatasan anggaran untuk pemasaran dan membutuhkan strategi pemasaran yang hemat tapi tetap efektif.
Oleh karena itu, mengembangkan bisnis dan melakukan promosi terkadang jadi tantangan. Dengan adanya platform digital dan internet, para UMKM bisa melakukan pemasaran low budget dengan optimal.
Berikut adalah cara yang bisa kamu ikuti untuk mengoptimalisasi marketing bisnis UMKM milikmu!
- Manfaatkan Google My Business
Mengoptimalkan profil Google My Business adalah langkah tepat untuk mempromosikan bisnis melalui Google Search dan Maps. Profil yang lengkap dan up to date memudahkan audiens untuk menemukan dan memahami lebih lanjut tentang bisnis UMKM.
Selain itu, mereka juga menyediakan informasi yang lengkap akan membantu meningkatkan performa SEO.
Baca juga: Strategi Marketing Ampuh untuk Bisnis UMKM
2. Menanggapi Online Review
Banyak customer melakukan browsing sebelum memutuskan untuk membeli produk atau jasa. Review dari pengguna lain adalah faktor yang memengaruhi keputusan pembelian audiens atau calon customer.
Dengan merespons online review, penjual gak hanya menunjukkan kepada pelanggan bahwa telah memberikan pelayanan yang baik, tetapi juga memberikan informasi tentang pengalaman mereka kepada khalayak luas.
3. Promosi Melalui Media Sosial
Strategi pemasaran media sosial yang tepat dapat membantu menemukan potential customer dan meningkatkan penjualan.
Aktif di media sosial secara organik, bisa meningkatkan awareness, membangun brand personality, sekaligus meningkatkan trust audience terhadap brand atau produk.
Beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu:
- Post engaging content untuk mendapatkan feedback (comment, likes, share) dan bisa berinteraksi dengan audiens. Contoh: membuat kuis di postingan social media atau membuat giveaway.
- Posting konten promo dan product knowledge dengan menambahkan CTA (call to action) di dalam caption, contoh: Coba sekarang!; Beli sebelum kehabisan!
Baca juga: Tips Bikin Konten Video yang Bisa Bikin Laris Dagangan Buat UMKM
Jadi, setiap bisnis UMKM memiliki kebutuhan dan karakteristik yang unik, oleh karena itu penting untuk memilih strategi pemasaran UMKM yang sesuai dengan tujuan bisnis dan target pasar.
Dengan merancang dan melaksanakan strategi pemasaran yang tepat, UMKM dapat meningkatkan visibility, menghasilkan lebih banyak penjualan, dan memperluas pangsa pasar.
Kamu punya trik marketing low budget lainnya yang mau dibagikan? Tulis di kolom komentar yuk~
Comments ( 0 )