Halo, para tech savvy! Gak terasa kita sudah memasuki Ramadan nih. Di antara kalian, ada yang sudah baca seputar Winning Ramadhan with Digital 2021–Playbook versi Google Indonesia belum? Kalau belum, kami sudah merangkum consumer insight-nya nih buat membantu kamu mengembangkan bisnis secara digital! Gak perlu lama-lama, langsung baca, yuk!
Consumer Insight 2020
Consumer insight adalah berbagai hal yang paling banyak dicari oleh orang Indonesia selama Ramadan pada tahun 2020. Berdasarkan pencarian Google tahun lalu, tedapat 4 pilar yang paling diminati oleh orang Indonesia secara digital.
1. Rethinking Spirituality
– Berdonasi secara online mengalami peningkatan sebanyak 2 kali lipat.
– Pencarian dengan kata kunci “kirim makanan/parsel” mengalami peningkatan sebanyak 4 kali lipat.
Artinya, ini menjadi kesempatan bagi brand, bisa membantu masyarakat tetap merayakan Ramadan secara spiritual dan dengan rasa kebersamaan, walaupun terpisah oleh jarak.
2. Rethinking Entertainment
– Hal-hal yang sifatnya menghibur (entertainment) mengalami peningkatan sebanyak 2 kali.
– Pengguna platform media streaming (Netflix, Viu, Disney+ Hotstar, dan lain-lain) meningkat sebanyak 41%.
Artinya, masyarakat Indonesia sangat membutuhkan hiburan digital yang menarik. Dan di tahun 2020, YouTube menjadi salah satu platform media online yang paling banyak ditonton.
3. Rethinking Convenience
Minat masyarakat dalam memesan makanan secara online meningkat sebanyak 55%, bahkan ini tertinggi sebelum adanya COVID-19.
4. Rethinking Shopping
Selama Ramadan 2020, kebanyakan masyarakat Indonesia meng-googling dengan kata-kata ini:
– “Bagaimana cara berbelanja online?” – meningkat 79%
– “Bagaimana cara berjualan online?” – meningkat 44%
Hal itu berarti saat ini masyarakat Indonesia lebih berpikir dan berhati-hati dalam melakukan spending. Nah, kamu yang tertarik buat berdagang online di Ramadan tahun ini, harus banget jelasin value produk kamu biar bisa bantu kamu memengaruhi keinginan pembeli untuk membeli produk kamu.
Lantas, Gimana Cara Brand Menjalankan Rencana Ramadan 2021?
Pertama, manfaatkan beberapa keyword tahun lalu untuk tahun 2021.
Kedua, kamu bisa mengategorikan produkmu sesuai pilihan kategori yang trending pada tahun 2020.
Ketiga, kamu bisa mulai merancang media plan kamu mulai dari sekarang.
Keempat, kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur Google yang bisa membantu bisnis kamu selama Ramadan.
1. Fitur Trends & Insight melalui Google Ads.
Fitur ini bisa memberikan kamu informasi kata kunci yang relevan dengan produk kamu serta minat pengguna/pembeli.
2. Beriklan di Homefeeds Youtube.
3. Fitur TrueView Discovery di Pencarian YouTube.
Fitur ini membantu kamu memperluas audiens penonton dan jangkauan wilayah video pemasaran produk kamu.
4. Cobain format-format beriklan di fitur Google Discovery Ads.
Google Discover Ads secara sederhana adalah cara mudah untuk membuat produk kamu ditayangkan kepada pengguna khusus yang kemungkinan besar untuk membeli produk. Di dalam fitur ini tersedia berbagai macam format yang bisa kamu coba, salah satunya format carousel yang membuat iklan produk kamu lebih menarik.
Nah, menarik banget kan berbagai insight dari Google Indonesia untuk menyambut Ramadan tahun? Semoga tulisan ini bisa membantu kamu yang lagi merencanakan digital campaign tahun ini, ya!