Halo Co.Creators!
Berjumpa lagi dengan saya di thread curhat kali ini. Semoga temen-temen ngga bosen ya liat kemunculan saya di forum ini. 😛
Diawali dengan munculnya pengumuman kelas workshop UI/UX, Financial, Social Media & Branding, dan Baking di forum Co.Create ini. Hal yang pertama kali saya lakukan adalah, ada kelas yang ada challenge-nya ngga ya? Ternyata ADA! HAHAHAH
Dari empat kelas tersebut, pilihan kelas mengerucut jadi dua yaitu Social Media & Branding dan Baking. Karena saya sangsi dengan jiwa seni dan kreativitas dalam melakukan dekorasi kue, jadinya pilihan kelas yang diikuti jatuh ke kelas Applying Creativity in Social Media Content for a Powerful Brand: a Jenius Case Study
Kamu akan ditantang membuat strategi konten social media untuk campaign Jenius. Tiga peserta dengan strategi terbaik akan mendapatkan hadiah spesial berupa Tabungan dari Jenius!
Jiwa ambisius-nya sobat misqueen kembali bergelora ketika hadiahnya berupa tabungan! Seketika itu juga mulai memikirkan fitur apa yang akan diangkat menjadi campaign. Saya memulai riset kecil-kecilan mengenai ekspektasi Nasabah Jenius yang saya pelajari dari kolom komentar media sosial Jenius, thread di forum ini, hingga ide yang diusulkan oleh Co.Creators.
Pada awalnya saya tertarik terhadap ide @Grey-Hanif mengenai Dark Mode-nya Jenius yang saya namai dengan hashtag #DarkJenius. Konsep strategi sudah saya bayangkan ketika akan memunculkan Brand Advocator yang sedang melakukan transfer dana ke orang tua tetapi layar ponsel yang sedang menampilkan aplikasi Jenius yang sangat terang bagaikan drakula menatap matahari! Oke, ini aja deh yang dipake.
Dua hari kemudian, kepikiran lagi untuk buat alternatif lain yaitu ide dari @Kristian-Santoso mengenai penggantian tema dari Jenius. Ide yang sebenarnya bisa mengakomodir ide mengenai #DarkJenius. Saya menamai tema ini dengan #RonaBaruJenius yang saya angan-angankan diluncurkan pada saat tahun baru 2020 yang maknanya adalah sejak peluncurannya di tahun 2016, warna biru lah yang digunakan sebagai warna dasar aplikasi Jenius. Sudah saatnya di tahun baru tersebut, muncul warna-warna baru Jenius yang dapat diambil dari warna-warna yang memang sudah sering digunakan seperti hijau, ungu, jingga, dan sekaligus dengan #DarkJenius nya. Sepertinya dengan ide yang ini sudah mencakup ide yang sebelumnya, baiklah pada akhirnya saya mengubah pilihan final menjadi #RonaBaruJenius.
Pada saat pelaksanaan workshop, Kak Buci dan Ko Michael menjelaskan dengan sangat detail mengenai media sosial dan branding dari Jenius dari awal launching hingga saat ini. Beberapa pertanyaan sudah saya siapkan untuk menunjang rancangan strategi yang sudah saya persiapkan. Pertanyaan yang saya ajukan adalah mengenai pemanfaatan Big Data terhadap campaign Jenius di media sosial (selain dari social media analytics tentunya). Untungnya jawaban pertanyaan saya, dijawab oleh Kak Buci sesuai dengan harapan saya yaitu saat ini Big Data belum digunakan secara maksimal dalam pembuatan campaign maupun konten edukasi (CMIIW kalo saya salah tanggap).
Di sesi tanya jawab itulah saya mendapatkan ide yang ketiga dari pertanyaan salah satu Co.Creator mengenai fitur Investasi di Jenius. TRING! Sayapun langsung memutar otak mengenai alternatif ide yang ketiga ini. Jika ada yang penasaran, bisa mampir ke thread ini yaa: Social Media Challenge: #SemakinJenius dalam Berinvestasi
Di kelas ini juga saya ketemu Kak @audwijaya yang selama ini cuma berbalas komentar thread di forum ini dan Kak Hilal yang rambutnya super nyentrik yang ketemu pas acara buka puasa bersama Co.Creator Jakarta di The Savior. Halo kakak-kakak!
Selesai workshop, langsung ke lantai 5 untuk acara puncaknya. Pada saat ini saya sudah sendirian karena #TemanJenius saya; Melin; sudah pulang duluan. Akhirnya saya duduk di tengah antara 2 orang di sisi kiri saya dan 2 orang di sisi kanan saya. Ternyata 2 orang di sisi kanan saya adalah orang Tenggarong, kota yang pernah saya tinggali beberapa saat. Namanya adalah Decky dan Naura. Halo Decky! Halo Naura! Di sini kami cerita banyak tentang kampung halaman dan tentunya pengalaman penggunaan Jenius. Dua orang di sisi kiri saya adalah Mba-mba berhijab yang ikut kelas dekorasi kue ulang tahunnya Jenius. Nah si Mba ini kocak banget! Tapi maaf saya lupa namanya hahaha. Halo Mba yang merasa kemarin sempat berbincang bersama saya silakan tinggalan komentar di bawah yaa!
Acara dimulai dengan makan malam! Asiklah pokoknya super kenyang. Lalu acara dilanjutkan dengan penjelasan Kak @iphann tentang perjalanan Jenius lagi dan penginformasian bahwa Jenius akhirnya memiliki TVC (TV Commercial), mudahnya itu iklan di tv kali gitu ya.
Tiba saatnya untuk pengumuman pemenang yang diawali dengan pengumuman pemenang dekorasi kue, dan benar saja yang menang itu hasilnya bagus banget! unyu-unyu gitu! Tapi sayangnya ngga ada sesi icip-icip HAHAHAH. Pemenang untuk kelas media sosial pun diumumkan, dan ternyata pemenangnya adalah Kak @audwijaya dengan Social Media Challenge: #JeniusVersiSaya , Kak @decky dengan Social Media Challenge : Instagram Story Matters! , dan Sayaaaa dengan Social Media Challenge: #SemakinJenius dalam Berinvestasi
Sebuah kebahagiaan bagi saya bisa ikut merayakan, berdoa, dan meniupkan lilin dalam ulang tahun Jenius yang ke-3 ini. Besar harapan saya agar Jenius bisa menjadi yang terdepan dalam personalized customer experince di bidang perbankan.
Terima kasih banyak, Jenius dan Co.Creators Squad! 😀
Iklan sponsor sedikit, boleh mampir ke akun instagram saya ya kakak-kakak di @abiardh