Co.Create Club
Join Co.Create Club

MegaCynthia

Hai Kak Belly,

Perkenalkan aku Mega UI/UX designer Jenius. Terima kasih atas pertanyaan kamu, aku akan coba jawab ya, kak.

Inti dari penerapan Design Thinking adalah berfokus kepada memberikan solusi untuk masalah dan kebutuhan user. Sehingga, salah satu kelebihan yang dirasakan adalah designer, tim development dan company tidak membuang-buang waktu membuat/mengembangkan fitur berdasarkan asumsi saja, yang ternyata tidak dibutuhkan oleh user. Penerapan Design Thinking itu sendiri bahkan tidak hanya untuk company bisnis saja, namun bisa juga untuk institusi pemerintah, institusi pendidikan, penyedia layanan kesehatan, dan sebagainya. Karena inti Design Thinking adalah mengedepankan penyelesaian permasalahan yang berpusat pada manusia.

Tantangannya mungkin adalah bagaimana menerapkan Design Thinking ke dalam company yang stakeholdernya belum mengerti betapa pentingnya penerapan Design Thinking, seperti misalnya ingin membuat sesuatu berdasarkan keinginan/asumsi mereka sendiri, hanya ingin produknya segera diluncurkan di pasar, atau bahkan meniru competitor yang produknya sudah berhasil di pasar. Namun, at the end of the day, dengan customer feedback dan data performa fitur, stakeholders dapat melihat perbedaan signifikan antara pembuatan/pengembangan fitur yang menerapkan design thinking dan yang tidak.

Untungnya, karena Jenius memegang value customer focus dan agile way of working, para stakeholder selalu mendukung tim kami untuk menerapkan proses Design Thinking ini. Penerapannya di team Jenius sendiri, bisa kamu baca di artikel kami berikut ini ya, kak http://bit.ly/ccblog_uiux.

Semoga menjawab pertanyaan kamu ya.

04 November, 2019 Like ( 0 )
Share

Join the community, Be a Co.Creator!

Dapatkan informasi, solusi, dan berbagi cerita menarik dengan Co.Creator lainnya.